Pernahkah kamu melihat atau membaca teks iklan di berbagai media? Baik itu koran, televisi, majalah ataupun yang lainnya? Saya yakin sebagian besar pembaca sudah pernah mengetahuinya.
Pada dasarnya, iklan dibuat dengan tujuan menarik perhatian konsumen agar mau membeli sesuatu yang ditawarkan oleh penjual. Atau dalam arti lain, iklan menjadi salah satu metode promosi yang sampai saat ini masih terus digunakan.
Daftar isi
Pada kesempatan kali ini Ayo Berbahasa bakal membahas materi secara lebih dalam seputar teks iklan lengkap dengan contohnya. Yuk, simak konten ini sampai selesai.
Iklan atau pariwara dapat diartikan sebagai segala bentuk pesan promosi benda dan ide yang disampaikan melalui media dengan biaya sponsor dan ditunjukan kepada sebagian besar masyarakat.
Iklan bisa ditempati di media cetak atau media digital. Jika ditempatkan pada media cetak, maka akan dibatasi dengan ruang atau tempat dan apabila ditempatkan pada media digital maka akan dibatasi dengan durasi. Intinya iklan pasti dibuat sesingkat mungkin.
Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, iklan diartikan sebagai berita pesanan untuk mendorong, membujuk khalayak ramai agar tertarik pada barang dan jasa yang ditawarkan.
Teks iklan menjadi media yang cukup efektif untuk mempromosikan produk atau jasa karena memiliki jangkauan luas. Teks iklan juga dapat diartikan sebagai teks yang mendoron dan membujuk khalayak agar tertarik pada produk dan jasa yang ditawarkan.
Baca juga : materi teks berita.
Tujuan Teks Iklan
Memberitahu Konsumen
Tujuan iklan yang pertama adalah memberitahu konsumen mengenai kelebihan produk atau jasa yang dijual. Pengiklan biasanya mengatakan bahwa produk tersebut jauh lebih baik daripada produk kompetitor.Mengajak Pembeli Agar Membeli
Tujuan kedua dengan adanya iklan diharapkan calon pembeli menjadi tertarik dan pada akhirnya membeli barang yang dijual tersebut.Sebagai Pengingat
Teks iklan dibuat dengan tujuan untuk mengingatkan konsumen terhadap produk/jasa yang dijual. Dengan harapan jika sudah teringat dengan barang tersebut pembeli tertarik untuk membelinya.Ciri-ciri Teks Iklan
Memiliki Target yang Jelas
Iklan yang baik harus memiliki target atau sasaran yang jelas. Bukan sekadar penawaran atau promosi saja tanpa ada target pasar atau konsumennya.Memiliki Daya Tarik
Sudah seharusnya iklan memiliki daya tarik sehingga membuat calon pembeli atau konsumen menjadi tertarik. Bukan hanya dari kata-kata saja, tetapi layoutnya juga harus menarik.Memiliki Slogan yang Jelas
Di dalam iklan pasti terdapat slogan yang merupakan kata-kata padat dan jelas yang bertujuan untuk menarik perhatian konsumen agar mau membaca informasi mengenai iklan yang dipromosikan. Jika slogan saja tidak jelas, mana mungkin calon konsumen bisa tertarik untuk membeli.Headline yang Singkat
Ciri iklan yang baik selanjutnya adalah memiliki headline yang singkat, bahkan hanya 10 kata saja. Headline yang terlalu panjang membuat calon konsumen menjadi bosan ketika membacanya. Selain itu headline singkat dapat meminimalisir budget pembuatan iklan.Memiliki Unsur Persuasif
Teks pariwara mengandung unsur persuasif. Maksud persuasif di sini adalah bersifat mengajak sehingga calon pembeli menjadi tersugesti dengan ajakan tersebut. (Baca : apa itu kalimat persuasif?).Jenis-jenis Teks Iklan
Jenis Iklan Menurut Media
Menurut medianya, iklan terbagi menjadi empat macam yaitu iklan elektronik, iklan cetak, iklan internet, iklan luar ruangan. Berikut adalah penjelasannya :Iklan Elektronik
Ilustrasi iklan elektronik (shutterstock) |
Sementara itu untuk iklan radio hanya menonjolkan suara saja. Meski sudah jarang peminatnya, namun hingga saat ini masih ada orang yang menaruh iklan di radio.
Iklan Cetak
Iklan cetak merupakan iklan yang terdapat pada media cetak. Iklan ini dibuat dengan teknik cetak seperti letterpress, sablon, inkjet, print, dan sebagainya.Iklan Internet
Iklan Luar Ruangan
Jenis Iklan Menurut Isinya
Menurut isinya, iklan terbagi menjadi tiga macam yaitu iklan pengumuman, iklan penawaran, dan iklan layanan masyarakat.Iklan Pengumuman
Yang pertama adalah iklan pengumuman atau pemberitahuan. Iklan ini dibuat dengan tujuan menarik perhatian khalayak tertentu melalui sebuah informasi tertentu.Beberapa contoh iklan pengumuman antara lain yaitu iklan reuni sekolah, iklan acara kerja bakti, dan lain sebagainya.
Iklan Penawaran
Iklan penawaran atau niaga merupakan iklan yang bertujuan untuk menawarkan barang atau jasa kepada khalayak ramai agar membeli atau menggunakan barang atau jasa tersebut. Contohnya adalah iklan jual makanan, iklan jasa servis mobil, iklan jasa pengobatan, dan lain sebagainya.Iklan Layanan Masyarakat
Iklan layanan masyarakat merupakan iklan yang dibuat dengan tujuan memberikan penjelasan dan pencerahan mengenai sesuatu hal guna meningkatkan kesadaran masyarakat pada isu-isu tertentu. Biasanya jenis iklan ini diterbitkan oleh instansi pemerintah.Beberapa contoh iklan layanan masyarakat antara lain yaitu iklan menghemat listrik, kampanye larangan merokok, iklan penggunaan masker, dan lain sebagainya.
Jenis Iklan Menurut Tujuannya
Sementara itu, menurut tujuannya iklan dibagi menjadi dua jenis yaitu iklan komersial dan iklan non komersial.Iklan Komersial
Iklan komersial merupakan iklan yang dibuat dengan tujuan mencari keuntungan ekonomi guna meningkatkan penjualan. Contoh dari iklan komersial yaitu iklan jual beli sepeda motor, iklan jual beli mobil, iklan ponsel terbaru, dan sebagainya.Iklan Non Komersial
Berbeda dengan iklan komersial, iklan non komersial tidak bertujuan mencari keuntungan. Tetapi tujuannya adalah untuk memberikan informasi mengenai isu-isu penting yang harus disadari.Contoh iklan non komersial antara lain yaitu iklan tata cara pembayaran pajak, iklan menjaga kebersihan lingkungan, dan masih banyak lagi yang lainnya.
Baca juga : materi teks eksposisi.
Struktur Teks Iklan
Judul
Judul merupakan salah satu struktur iklan yang terletak di bagian atas sendiri. Akan tetapi, tidak semua iklan menampilkan judul tetapi langsung menampilkan nama produk di bagian atas.Nama Produk
Pada bagian ini berisi nama produk atau jasa yang dijual. Karena merupakan unsur terpenting pada iklan, maka struktur ini harus benar-benar ada dan jangan sampai dilupakan.Penjelasan
Dan struktur yang terakhir adalah penjelasan produk/jasa atau juga disebut sebagai deskripsi. Isinya adalah memberikan pejelasan terhadap produk atau jasa yang ditawarkan kepada khalayak termasuk cara mendapatkan produk tersebut dan kontak yang bisa dihubungi.Syarat Teks Iklan
Dari Isinya
- Objektif dan jujur
- Singkat, padat, jelas, dan mudah dipahami.
- Menarik perhatian banyak orang.
- Tidak menyinggung pihak manapun.
Dari Bahasanya
- Menggunakan kata yang menarik, logis, dan sopan.
- Ungkapan yang memikat dan memiliki daya sugesti pada khalayak.
- Menuju pada sasaran.
- Bahasa disusun guna menonjolkan informasi yang dipentingkan
Kaidah Kebahasaan Teks Iklan
Menggunakan Kalimat Persuasif
Iklan yang bersifat mengajak harus terdapat kalimat persuasif di dalamnya. Kalimat persuasif sendiri merupakan kalimat yang memiliki tujuan untuk membujuk dan meyakinkan pembacanya supaya melakukan atau menerima ide penulis tentang suatu hal.Menggunakan Kalimat Imperatif
Selain memakai kalimat persuasif, iklan juga harus mengandung kalimat imperatif. Kalimat imperatif merupakan kalimat yang bersifat memberi perintah atau komando seperti ikutilah, hadirilah, ramaikanlah, dan lain sebagainya.
Jadi, adanya slogan ini membuat calon pembeli, klien, atau konsumen menjadi mudah ingat dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Alhasil, peluang terjadi transaksi akan semakin besar.
Beberapa contoh slogan antara lain yaitu :
Agar semakin paham, berikut ini saya berikan satu contoh iklan dari brand terkenal yang bisa kamu jadikan sebagai referensi :
Jadi itulah sedikit penjelasan mengenai teks iklan beserta contohnya. Semoga materi ini bermanfaat untuk kamu dan sampai jumpa pada materi-materi selanjutnya dari Ayo Berbahasa.
Menggunakan Rima
Kata-kata pada sebuah iklan biasanya juga terdapat rima di dalamnya yang merupakan pengulangan nada atau bunyi. Adanya rima ini bertujuan membuat iklan semakin menarik dan berkesan bagi konsumen.Menggunakan Slogan
Dan yang jangan sampai dilupakan, teks iklan harus mengandung slogan didalamnya. Slogan merupakan motto atau frasa yang dipakai pada konteks politik, komersial, agama, dan lainnya, sebagai ekspresi sebuah ide atau tujuan yang mudah diingat (Wikipedia).Jadi, adanya slogan ini membuat calon pembeli, klien, atau konsumen menjadi mudah ingat dengan produk atau layanan yang ditawarkan. Alhasil, peluang terjadi transaksi akan semakin besar.
Beberapa contoh slogan antara lain yaitu :
- Murah, cepat dan handal.
- Semakin di depan.
- Pionir ayam geprek murah di Indonesia.
- Rasa teh terbaik ada di pucuknya.
- Apapun makanannya, minumnya tetap teh botol sosro.
Baca juga : materi teks narasi.
Contoh Teks Iklan Singkat
Sumber gambar : telkomsel.com |
Jadi itulah sedikit penjelasan mengenai teks iklan beserta contohnya. Semoga materi ini bermanfaat untuk kamu dan sampai jumpa pada materi-materi selanjutnya dari Ayo Berbahasa.
0 komentar
Maaf, tidak diperkenankan berkomentar menggunakan atau mengandung tautan aktif